Jumat, 31 Desember 2010

TIPS BERLATIH YOGA

  1. Mandi setengah (vyapaka shaoca) atau mandi penuh harus dilakukan sebelum melakukan asana kecuali kalau anda melakukan latihan yoga segera setelah meditasi. Lakukan hal ini juga sebelum meditasi harian.
  2. Melakukan latihan yoga di dalam ruangan tanpa terpaan angin langsung. Kalau dilakukan di ruangan tertutup, pastikan ada ventilasi yang baik.
  3. Tidak boleh ada asap/ bau dupa atau asap/ bau lainnya diruangan latihan.
  4. Anda harus melakukan latihan yoga diatas selimut atau matras. Jika dilakukan langsung ke lantai, anda bisa terkena flu dan beberapa komponen dari minyak tubuh yang keluar akan rusak.
  5. Napas melalui hidung, lubang hidung sebelah kiri atau kedua-duanya harus terbuka (tidak buntet) . Ketika anda melakukan latihan yoga, jangan melakukan latihan yoga ketika hanya hidung kanan yang terbuka.
  6. Tidak ada pembatasan tentang nostril (lubang hidung) untuk postur-postur berikut: padmasana,  siddhasana, ardha siddhasana, bhojanasana, viirasana dhiirgasana dan bhujangasanaDiet sentient sangat disarankan.
  7. Kuku harus dipotong pendek.
  8. Tidak boleh melakukan latihan yoga dalam keadaan perut terisi penuh. Anda harus menunggu dalam jangka 2.5 atau 3 jam setelah makan. Anda harus menunggu 0.5 setelah melakukan latihan yoga sebelum memakan makanan yang keras anda dapat memakan makanan cair 15 menit setelah latihan yoga.
  9. Melakukan massage pada tangan, kaki dan seluruh tubuh khusus nya di daerah persendian (seperti yang diajarkan di kelas) setelah melakukan latihan yoga.
  10.  Tidak boleh menyentuh air selama 10 menit setelah latihan yoga.
  11. Praktisi latihan yoga tidak boleh memassage tubuhnya dengan minyak.
  12. Tidak boleh melakukan latihan pernapasan (pranayama) setelah melakukan latihan yoga.
  13. Adalah baik untuk berjalan-jalan sendiri selesai latihan yoga untuk beberapa menit.
  14. Jika ada keperluan untuk keluar ruangan setelah berlatih latihan yoga dan pada saat itu suhu belum menurun ketingkat normal, atau jika ada perbedaan temperature ruangan, anda harus menutup tubuh anda ketika keluar. Jika sempat, hirup napas selagi di dalam ruangan dan membuang napas ketika berada di luar ruangan. Dengan begitu tidak akan ada kemungkinan terkena flu.
  15. Tidak dilarang untuk melakukan olah raga fisik seperti lari atau sport lainnya. Tetapi segera setelah latihan yoga, anda dilarang langsung melakukan sport.
  16. Jika sakit dan menstruasi jangan melakukan latihan yoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar